Sabtu, 04 Agustus 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


( RPP )


 Nama Sekolah                      :  ..............................
Mata Pelajaran                    : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                    : VI/ I
Alokasi Waktu                      : 4 x 35 Menit


Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
       1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain

II. Tujuan Pembelajaran
Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
         
Karakter siswa yang diharapkan :   
                                                                  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Mengenal Ragam Hias dan Teknik Batik

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran

         Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias batik Nusantara daerah lain

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.  Peserta didik  dapat Mengidentifikasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
2. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
3. Mengeksposisi tentang keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
4. memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
6.  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
2.  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
3.  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
4.  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
5.  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
6.  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
7.  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
8.  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Dalam kegiatan penutup, guru
1.  Memberikan latihan soal
2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3.  Menutup pelajaran

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto


VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Memajang hasil karya ragam hias batik pada bahan kertas dan kain.
·      Memberi tanggapan positif terhadap hasil karya sendiri maupun orang lain
Praktek
Praktek
Buatkan hasil karya ragam hias batik pada bahan kertas dan kain

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Sekolah                                                          Guru Kelas VI



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :

1 komentar:

  1. wah km kreatif.....
    lain kali buat kolase mozaik yang banyak y..
    biar bisa aq contoh...

    BalasHapus